SPESIFIKASI KEBUTUHAN
Spesifikasi kebutuhan merupakan suatu proses memformalisasikan sekumpulan
kebutuhan, baik fungsional maupun non-fungsional, dari suatu sistem yang hendak
dibangun ke dalam suatu dokumen. Sejalan dengan proses rekayasa kebutuhan secara keseluruhan, elisitasi
kebutuhan bertujuan untuk:
1. Menyediakan umpan balik kepada konsumen.
2. Memecah permasalahan ke dalam komponen yang lebih kecil.
3. Masukan untuk tahap spesifikasi rancangan.
4. Memudahkan pengecekan
validasi produk.
MANFAAT SPESIFIKASI KEBUTUHAN
Menurut Standar IEEE 830(1998), manfaat dari dokumen spesifikasi yang baik
adalah :
1. Dokumen spesifikasi dapat digunakan
sebagai dasar persetujuan antara konsumen dan supplier tentang hal-hal apa saja
yang dapat ditangani oleh perangkat lunak yang akan dibangun.
2. Dokumen spesifikasi dapat mengurangi usaha yang harus dikeluarkan dalam
pembangunan perangkat lunak.
3. Dokumen spesifikasi dapat digunakan sebagai dasar untuk perkiraan biaya dan
jadwal.
4. Dokumen spesifikasi dapat digunakan
sebagai panduan untuk proses validasi dan verifikasi.
5. Dokumen spesifikasi dapat memfasilitasi
pergantian/peralihan.
6. Dokumen spesifikasi dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan lebih
lanjut.
Sumber:
http://annisajumpers.blogspot.com/2013/01/spesifikasi-kebutuhan-dalam-rekayasa.html
A. ALUR SISTEM DELIVERY MAKANAN :
A. ALUR SISTEM DELIVERY MAKANAN :
- Pelanggan memesan makanan dengan menelpon petugas melalui Call Delivery yang telah disediakan.
- Pelanggan menginformasikan makanan yang dipesan, Nama dan Alamat sebagai data pelanggan.
- Petugas mendapatkan informasi makanan yang dipesan (Fix), selanjutnya Petugas membuat / menyiapkan pesanan yang telah dipesan oleh pelanggan.
- Petugas akan memberitahukan ke sistem bahwa makanan yang dipesan telah dibuat dan siap di antar.
- Sistem akan memberitahukan ke pengantar makanan bahwa pesanan pelanggan siap dikirim.
- Delivery Man akan menerima Nota tagihan pesanan dan mengantarkan pesanan sesuai alamat pelanggan.
- Delivery Man akan menerima pembayaran oleh pelanggan dan pelanggan menerima pesanannya.
- Sub Kasus (Jika Bahan Makanan telah habis)
- Petugas menginformasikan pesanan pelanggan ke sistem untuk verifikasi pemesanan.
- Sistem dapat memberitahukan petugas karena persediaan bahan makanan habis.
- Sub Kasus (Jika Makanan yang dipesan habis)
- Petugas menginformasikan kepada pelanggan delivery jika makanan yang dipesan tidak dapat dipesan hari ini.
- Petugas Memastikan setiap pelanggan sudah punya alternatif pesanan, jika makanan yang dipesan tidak ada. Ini penting untuk menghemat waktu pemesanan.
- Petugas dapat berrkomunikasi dengan pelanggan --- (Pilihan)
- Petugas mampu penginputan daftar jenis pesanan makanan --- (Pilihan)
- Mencetak nota / bon pemesanan --- (Harus ada)
- Menghasilkan Laporan pesanan baik hardcopy maupun softcopy. --- (Harus ada)
- Petugas dapat melihat data pelanggan dan data jenis makanan serta pemesan delivery --- (Pilihan)
- Pemberitahuan bahan makanan habis --- (Harus ada)
- Daftar jenis makanan yang dipesan maksimal 15 jenis makanan.
- Pelanggan Memesan Makanan maksimal 3 jenis makanan.
- Pelanggan yang memesan melalui delivery dibatasi maksimal 750 orang.
- Waktu respon antara user menginputkan data dan tampilan yang dihasilkan berdasar input data.
- Kebutuhan keamanan (Safety).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar